Globalisasi, teknologi, Media Massa, dan Perubahan Sosial
Perubahan Sosial
Berdasarkan Teori Evolusi , Masyarakat berpandangan ke dalam arah tertentu umumnya berkembang kesebuah Negara yang lebih tinggi.
1.1 Comte
Menurut comte masyarakat manusia bergerak dan meneruskan ke pemikiran mereka ke metode ilmiah mitologi.
1.2 Durkheim
Mempertahankan dengan kelajuan masyarakat dari suatu yang kompleks yang lebih sederhana dari sebuah organisasi sosial.
Berdasarka keterangan diatas masih
terdapat beberapa teori mengenai perubahan sosial. Diantaranya Teori
Fungsionalis yang terfokus pada apa yang mempertahankan sebuah system
dan tidak apa adanya perubahan. Namun Perubahan Sosial tidak selalu
mengikuti masa disintegrasi internal.
Teknologi
Merupakan informasi cara kita menggunakan
sumberdaya material yang ada di lingkungan kita untuk memenuhi
kebutuhan dan keinginan individu. Namun seiringnya berjalannya waktu
terdapat beberapa masalah yang kompleks dimana terdapat suatu kelompok
yang plaing kuat akan menggunakan teknologi untuk melanggar.
Media Massa
Jika dilihat dari prespektif sosiologis
media merupakan suatu hal yang dapat mensosialisasikan kita, menegakkan
norma-norma sosial dan memelihara kita untuk mengetahui lingkungan kita.
Setiap media massa perlu adanya agent sosialisasi yang dapat
menigkatkan kohesi sosial dengan menghadirkan pandangan umum budaya.
Namun media massa sendiri juga memiliki perundang-undangan agar
meminimalisir konflik yaitu sensor.
Globalisasi
Globalisasi dipandang sebagai penyimatan
dunia dikarenakan adanya perkembangan pesat di bidang teknologi dan
informasi pada era globalisasi. Globalisasi sendiri dapat menciptakan
dunia yang terbuka sehingga menyebabkan pengaruh sangat mudah
mempengaruhi suatu bangsa. Kini yang perlu kita lakukan adalah bagaimana
kita memanfaatkan globalisasi ini kepada aspek kehdupan suatu bangsa.
Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi maka teknologi tersebut
dapat memperluas informasinya dalam media pembelajaraan
Referensi :
di sarikan oleh BINUS MAYA ( Pertemuan ke 11 )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar